Monday, September 20, 2010

Laksmi

Cerita bagus dari De Mello.. simaklah..

---------------


JAWABAN DEWI LAKSMI YANG TERTUNDA

Tidak ada gunanya doa kita dikabulkan kalau tidak dikabulkan pada waktu yang tepat:

Di  zaman  India kuno banyak tenaga dicurahkan untuk upacara Yeda yang  dikatakan  begitu  ilmiah  dalam pelaksanaannya, hingga  kalau  para  orang  suci  berdoa  mohon hujan, tidak pernah ada  kekeringan.  Demikianlah  seseorang  mencurahkan usaha  mau  berdoa,  sesuai  dengan  upacaranya, kepada dewi kekayaan, Laksmi, dan mohon supaya dijadikan kaya.

Ia berdoa  tanpa  hasil  sepanjang  sepuluh  tahun  lamanya. Sesudahnya setelah waktu berlalu, ia tiba-tiba melihat sifat tipuan pada kekayaan itu dan memilih hidup sebagai petapa di pegunungan Himalaya.

Ia  duduk bermeditasi pada suatu hari, dan ketika ia membuka matanya ia melihat di depannya  luar  biasa  seorang  wanita cantik,  gemilang dan gemerlapan seakan-akan ia terbuat dari emas.

"Siapa engkau itu dan engkau berbuat apa di sini?" tanyanya.

"Aku ini dewi  Laksmi,  yang  kau  hormati  dengan  mendaras kidung  nyanyian  selama  duabelas tahun," kata sang wanita,
"Aku ini menampakkan diri untuk mengabulkan keinginanmu."
 
"Ah, sang dewi tercinta,"
seru  orang  itu.  "Aku  sekarang sudah mendapat berkat bermeditasi dan kehilangan keinginanku akan kekayaan. Engkau  datang  terlambat.  Katakan,  mengapa engkau datang begitu lambat?"

"Untuk  berkata kepadamu sebenarnya," jawab sang dewi, "Jika ingat akan  sifat  upacara  yang  kaulakukan  begitu  setia, engkau   sepenuhnya  pantas  menjadi  kaya.  Tetapi,  karena cintaku kepadamu dan keinginanku akan kesejahteraanmu,  maka kutahan dulu."

Jika  anda  boleh  pilih, maka yang anda utamakan pengabulan permohonan  anda  atau  rahmat  tetap  berdamai  entah doa dikabulkan atau tidak?
                   (DOA  SANG  KATAK 1, Anthony de Mello SJ,
                        Penerbit Kanisius, Cetakan 12, 1996)




1 comment:

  1. Wuih... komentar nomor wahid.
    Saya pilih pengabulan doa. Soalnya permintaan saya banyak dalam doa, hehehe....

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails